22 Mei 2011

Oke,Kawinkan Saja Blog Kita!

Belakangan jejaring sosial seperti facebook dan twitter telah merajai dunia maya. Ini sudah menjadi sebuah trend dan gaya hidup baru dalam mencari dan menjalin pertemanan tidak hanya bagi remaja namun di semua kalangan. Siapa sih yang gak punya akun facebook atau twitter? Mayoritas orang pasti punya. Bahkan ada yang mengatakan facebook dan twitter telah menjadi seperti sebuah candu. Gak bisa sehari tanpa update status atau nge-tweet.hihi

Fenomena ini mungkin dianggap telah mengurangi keriuhan dunia blogging. Blog yang dahulu ramai menjadi tempat interaksi, menuangkan gagasan atau sekedar curhat harus diakui telah kalah populer oleh jejaring sosial yang menawarkan kemudahan berinteraksi secara lebih instan. Sebagian blogger menganggap kepoluleran jejaring sosial adalah sebuah "ancaman" bagi ramainya dunia blog. Mungkin ada benarnya. Tapi mengapa kita tidak memanfaatkan saja fenomena jejaring sosial ini untuk meningkatkan gairah dan keriuhan dunia blog lagi. Caranya? Gampang, mengapa tidak kita kawinkan saja blog dengan jejaring sosial.

Kita bisa memanfaatkan kepopuleran jejaring sosial untuk mempromosikan blog kita. Bahkan kita bisa menjalin hubungan dengan blogger lain lewat jejaring sosial. Misalnya Bloofers (Blog of Friendship), Group terbuka ini merupakan tempat kumpul para blogger dalam negeri yang memanfaatkan popularitas jejaring sosial sebagai tempat berkomunikasi, berbagi informasi, menjalin keakraban antar blogger Indonesia bahkan menjadi tempat mempromosikan blog pribadi anggotanya. Kita juga bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk menarik pembaca dengan mengirimkan update postingan blog kita ke akun facebook atau twitter yang kita miliki agar bisa dibaca oleh teman-teman kita di jejaring sosial tersebut. Bisa dengan cara manual (meng-copy-paste-kan link artikel blog kita ke status atau tweet) atau secara automatis dengan memanfaatkan fasilitas dari twitterfeed.com agar postingan di blog milik kita dapat dibaca oleh teman-teman di jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Bukankah salah satu inti dari ngeblog dan membuat tulisan di blog adalah supaya dibaca orang lain? makin banyak yang baca makin bagus kan. Buat apa kita punya ratusan artikel di blog kalo jarang yang baca?

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan fasilitas Like Box dari facebook untuk menambah pembaca yang menyukai blog kita dan mempermudah pembaca tersebut dalam mendapatkan update artikel dari blog kita di beranda facebook mereka. So, manfaatkan saja ke populeran jejaring sosial untuk menarik pembaca di blog kita. Kita para blogger harus pintar-pintar mensiasati hal semacam ini. Apalagi blog punya banyak kelebihan dibandingkan facebook,twitter dan jejaring sosial sejenis. lalu apa lagi? kawinkan saja blog kalian dengan facebook dan twitter sekarang. Selain akan menambah pembaca, "perkawinan" ini juga akan menambah traffic di blog kita yang ujungnya akan menambah kepopuleran blog kita di dunia maya. Asik kan? Sudah dapat banyak pembaca, tambah populer pula blog kita.hihi

***
Tulisan diatas diikutsertakan dalam Blogger Return Contest yang diadakan oleh anazkia dan di sponsori oleh denaihati.com. Kontest ini diadakan untuk menumbuhkan kembali semangat blogging di Indonesia di tengah-tengah ramainya jejaring sosial belakangan ini.
Salam Blogger Indonesia!

2 Komentar:

  1. kalo yg ini sya sepakat.

    makanya sya alih profesi skg, jd penghulu, mengawinkan blogspot, fb, twitter, faceblog, dkk.
    hasilnya?

    tak lain dak tak bukan, sebuah keluarga dunia maya yg harmonis. kekekkekeek

    BalasHapus
  2. @Accilong : Wah2..alih profesi juga kamu ya.BTW. Kawinnya gak kawin siri kan? haha

    BalasHapus

Komentarmu Menunjukan Kualitasmu di Dunia Maya (^_^)

Sandy Corat-coret! © 2012 | Created by Sandy A. | Powered by Blogger.com