06 Mei 2011

Peraturan di Masjid Yang Bikin gak Betah

Idealnya Masjid adalah tempat yg nyaman dan bisa ngebuat pengunjungnya betah berlama-lama untuk beribadah. Tapi beda yang saya rasakan ketika mampir ke sebuah Masjid di daerah Kuningan Jawa Barat beberapa waktu lalu untuk Shalat Magrib. Masjidnya besar dan megah, tapi peraturan yang terlalu banyak disana ngebuat saya dan temen-temen2 waktu itu jadi pengen cepet2 Shalat N Kaburrr!
Yang diatas ini adalah salah satu yg berhasil saya jepret dengan kamera Hape, gak ada yg salah sih dengan aturan itu. Tapi kalo kata "Haram" diganti dengan kata "Dilarang" saja mungkin akan terlihat lebih menenangkan. Terlalu banyak aturan menggunakan kata "Haram" disana yg gak berhasil saya foto, sebab salah satu aturannya tertulis "Haram Bermain HandPhone di Area Masjid". Eh,brarti saya melakukan yg Haram dong udah memotret gambar dengan kamera Hape? O'oo...
Nah yang diatas ini sempat mengagetkan saya, saya pikir kok ada kuburan di tengah-tengah masjid? serem euy! Tapi setelah saya perhatikan lagi ternyata ada tulisan "Tempat Amal Masuk Surga". Barulah saya sadar kalo itu adalah sebuah kotak amal masjid (yg bentuknya terlalu seram). Mungkin maksudnya supaya orang yang melihatnya kemudian ingat Mati dan segera Beramal di kotak tersebut agar masuk surga. Ehmm,Boleh juga.
Tapi dari sekian banyak aturan disana, ada satu yang membuat saya benar-benar risih dan tidak betah berada disana. Ini dia...
Gimana menurut kalian? perlu gak tulisan itu berada di tembok bagian dalam sebuah masjid?
Saya yakin semua aturan disana dibuat untuk kebaikan,tapi kenapa tidak dipertimbangkan dulu untuk tidak  memampang aturan yang tidak perlu seperti yang terakhir. Emang Salah kalo suatu saat ada musafir yang ingin beristirahat sejenak di sebuah masjid selesai Shalat?
Kesanya kok (Pergi-pergi sana) Ngusir.

10 Komentar:

  1. ahaha parah tuh mesjid.
    tapi unik juga itu kotak amal bentuknya kuburan.
    trus tulisan "wajib tinggalkan masjid setelah solat" berarti kita nggak boleh ngaji, ato ngapa-ngapain lagi dong di mesjid itu abis solat?
    ckckck...

    BalasHapus
  2. waaah ... berarti kalau mau diskusi tentang agama atau mau belajar agama di halaman masjidnya juga gg boleh ya
    salam kenal ^^

    BalasHapus
  3. @bulet : boleh..tapi sama peraturannya,jangan ilfil sama Masjid y...hehe

    BalasHapus
  4. akhirnya di posting juga...

    BalasHapus
  5. wkekeke bru tau ini di daerah mana masjidnya..saya orang kuningan soalnya..

    BalasHapus
  6. Hahaha,,,!
    Mungkin org yg buat peraturan gk pernah bljr bhsa yg baik dan benar.

    BalasHapus
  7. izin komentar , saya bag kebersihan masjid setuju dengan tulisan "wajib tinggalkan masjid ini setelah selesai sholat" . karena apa? kebanyakan musafir yg merasa nyaman di masjid di jadikan tempat nginap, tidur sampai mandi pun juga dimasjid, al hasil saya kuwalahan membersihkan sampah2& softex ddalam lobang WC, sehingga tersumbat, bekas orang yg nginap seenaknya dmasjid. pernah masjid jd tempat mesum/org pacaran. mungkin yg bikin peraturan sama posisinya seperti saya.

    BalasHapus
  8. membersihkan masjid itu ladang amal, semakin banyak sampah semakin banyak pahala, kalau orientasi akhirat kayaknya kok gak ada yg ngeluh.
    sy perna sholat di masjid ini, tapi sy tidak juampai remaja/ anak sekitar masjid yg sholat..., takutnya 30-50 th lagi masjid ini sepi, seperti gereja gereja di barat yg isinya cuma orang orang tua.... lama lama tutup

    BalasHapus
  9. Itu kan masjid punya neneknya ! Jadi haram bg yg tdk ada hubungan keluarga berlama2 di situ, kaleeee !

    BalasHapus

Komentarmu Menunjukan Kualitasmu di Dunia Maya (^_^)

Sandy Corat-coret! © 2012 | Created by Sandy A. | Powered by Blogger.com