01 Mei 2013

Selamat Hari Buruh Sedunia

Pada hari buruh atau May Day yang diperingati setiap tanggal 1 Mei ini terdapat banyak gerakan dari Masyarakat khususnya Buruh yang turun ke jalan untuk menuntut perubahan aturan soal perburuhan. Gerakan yang timbul untuk menentang kapitalisme dan ketidakadilan terhadap pekerja ini pertama kali terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1806. Masalah jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. Pada waktu itu para buruh bekerja 19 hingga 20 jam sehari dengan upah yang kecil.

Pada awalnya terdapat dua orang pekerja yang dianggap memiliki gagasan untuk melakukan perlawanan. Pada tahun 1872, mereka dan para pekerja lainnya melakukan aksi mogok untuk menuntut pengurangan jam kerja. mereka berbicara dengan para pekerja dan juga para pengangguran, melobi pemerintah kota untuk menyediakan pekerjaan dan uang lembur.

Di Indonesia sendiri hari buruh pertama kali diperingati pada tahun 1920, Meski sempat dilarang pada masa Orde Baru namun May day kembali diperingati setiap tanggal 1 Mei. banyak serikat buruh di indonesia yang turun ke jalan untuk memperjuangkan gagasan untuk memperbaiki aturan-aturan yang dianggap merugikan Pekerja, Seperti tuntutan untuk menghapus sistem kerja Outsouching yang dianggap banyak merugikan para pekerja dan banyak disalahgunakan oleh para kapitalis untuk menekan biaya Upah pegawai. Namun kali ini saya tidak akan membahas lebih jauh soal Outsourching, tapi yang jelas jika sistem kerja ini dihapus tentu akan banyak terjadi pemutusan hubungan kerja yang justru menambah permasalahan di Indonesia, dilematis memang. Mungkin peraturan perundang-undangannya yang harus segera diperbaiki dan diawasi penerapannya dengan ketat sehingga pekerja Outsource tidak merasa ditindas oleh para "Boss".

Masalah Perburuhan dan Outsourching ini hanya sebagian dari permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia, masih ada soal TKI yang juga cukup komplek permasalahannya. Semoga kedepannya permasalahan-permasalahan tersebut segera dapat diperbaiki oleh pemerintah baik dari sisi Peraturannya maupun dari sisi penerapannya sehingga Perusahaan mendapat keuntungan tanpa mengabaikan kesejahteraan Pekerjanya.
Selamat Hari Buruh Sedunia...

3 Komentar:

Komentarmu Menunjukan Kualitasmu di Dunia Maya (^_^)

Sandy Corat-coret! © 2012 | Created by Sandy A. | Powered by Blogger.com